Posted in Book, Review

[Buku] Mardi Gras: tentang NOLA

Familiar, ngerasa pernah dengar, atau penasaran ingin tahu lebih jauh tentang Mardi Gras? Kalau alasan di atas merupakan landasan untuk membaca buah karya Adriani Sukmoro ini… mm, bukannya salah juga, karena meskipun mengambil judul Mardi Gras, fokus dari buku ini bukanlah pada perayaan tahunan tersebut. Juga bukan pula pada lika-liku kehidupan pasangan Ramto-Dara bersetting di New Orleans. Tetapi lebih tentang New Orleans, semua seluk beluk, serta segala sisi yg bisa digali dan diceritakan dari kota di Selatan Amerika Serikat ini.

Pertama-tama, di mana sih letak New Orleans? Bagi yg ingin tahu, berdasarkan ilustrasi geografi yg diselipkan dalam MG, New Orleans (NO) berada di Tenggara Louisiana State, negara bagian yg diapit Texas di Barat, Arkansas di Utara, Mississippi di Timur, dan Teluk Meksiko di Selatannya. Udah ada gambaran sedikit? Okay, lanjut~

Seperti yg sudah ditulis sebelumnya, tokoh sentral di buku ini adalah pasangan Ramto dan Dara yg berkesempatan menikmati hidup di atas rumput tetangga yg lebih hijau. Ramto dikirim mengikuti pelatihan selama dua tahun di NO, dan memutuskan untuk menikahi dan memboyong Dara ke sana untuk menghindari hubungan jarak jauh yg jarang bertahan melawan jarak dan waktu. Segala bentuk persiapan dilakukan dan pembaca ikut melewati tetek bengek perjalanan menuju NO yg butuh beberapa kali transit, tentang hadangan imigrasi, dan dibawa melintasi beberapa landmark dan Sungai Mississippi sampai ke pusat kota.

Sampainya mereka di downtown memasuki Maple Leaf Apartment yg menjadi tempat bernaung untuk dua tahun ke depan menandai berakhirnya plot cerita mengenai keduanya. Dan ini terjadi dalam 2-3 chapter pertama dari total 30 chapter. Karena selebihnya bercerita tentang kehidupan mereka sehari-hari yg amat biasa cenderung stagnan. Ga pelik, tanpa konflik. Tidak ada cerita tentang kerjaan Ramto di sana, atau aktivitas Dara sebagai stay-home wife di luar ngerumpi, jalan2, dan belanja. Fokus buku pun beralih ke mengenalkan NO kepada pembaca yg dijelaskan dengan mendetil.

Kita dituntun menyusuri jalan2 yg ada di sana, bangunan2, tempat2 makan, nongkrong, belanja, district2, dsb. Sejarah mengenai NO – asal muasal, kependudukan, demografik, tokoh – sedikit demi sedikit dikupas, juga tentang kultur, adat, kebiasaan, gaya hidup, dan segi kehidupan lainnya di NO. Setiap chapter didedikasikan untuk satu topik kehidupan sehari-hari yg dijalani Ramto dan Dara, entah tentang pengalaman menikmati musik jazz, mengikuti misa yg dipimpin Paus, melewati Halloween dan Thanksgiving, sampai ke karnaval Mardi Gras itu sendiri. Everything you need and want to know about New Orleans is laid out bare – do’s and don’ts, places to and not to visit, what and where to eat, transportation to take, until universities to consider.

Sudah mulai bosan dengan NO? Kita dibawa menjelajahi Houston, New York, Washington D.C., sampai ke Ontario Kanada dan dipandu memasuki Johnson Space Center, White House dan bangunan bersejarah di sekitarnya, Twin Tower (ketika masih berdiri tegak), sampai ke Niagara Falls. Rute terpampang jelas, dan dielaborasi dengan rinci.

Karenanya, aku yakin apa yg dituliskan di sini adalah ulasan pengalaman si penulis sendiri, yg dengan cerdik tidak diuraikan melalui kacamata orang pertama melainkan orang ketiga. Dengan kata lain, Ramto dan Dara adalah tameng yg digunakan serta boneka digerakkan penulis dalam menuangkan kisah hidupnya selama menetap di NO and mengunjungi kota lainnya di Amerika.

Namun, daripada disebut semi-autobigrafi, MG lebih pas dijadikan buku panduan hidup/wisata NO. Which means, this is for you who have interest in New Orleans, plan to study/live there, are curious to learn about a city in great depth, length, and details, or are one that likes to ‘be’ somewhere without actually going there.

_
Rating: 3/5   (bahasanya sih cukup ringan dan mudah diikuti, tapi entah kenapa aku ga gitu menikmati, thus the rating)
By Adriani Sukmoro
Penerbit: Pelita Fikir Indonesia, 2011
Genre: Memoir, Reference

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s