Posted in Movie, Review

[Film] Ada Kamu, Aku Ada

Adakah yg terlambat dalam cinta?

Mungkin ini film tentang selingkuh kedua yg kutonton setelah From Bandung with Love. Kalau setelah nonton FBwL aku terngiang-ngiang sama lagu endingnya, maka yg kuingat dari film ini adalah…mmm…adegan ciumannya?

Haha. Rasanya apa yg dibahas tentang film ini ujung-ujungnya pasti nyerempet adegan ciuman BCL-Andhika Pratama deh. Yg bikin aku pengen komentar, “So what gitu lohh??” Rasanya hampir semua film layar lebar Indonesia kan ada tuh adegan beradu bibirnya. Udah biasa, kalee. Apa istimewanya adegan di film ini dibanding adegan sejenis di film lainnya? Tapi aku cukup bingung juga kenapa yg jadi buah bibir tuh ciuman BCL-Andhika. Bukannya BCL lebih banyak kissing sama Rama Michael ya dibanding sama Andika? Apa film yg kutonton udah kena pisau gunting lembaga sensor??

Whatever. Yg jelas, filmnya ga menghibur sama sekali. Ga mendidik dan ga ada pesan moralnya. Well, ada denk. Lewat film ini, pesan yg mau disampaikan tuh kurang lebih bahwa orang ketiga itu ga selalu buruk, kan film ini menggambarkan sisi orang yg selingkuh dari sudut pandang yg berbeda.

Second whatever. Second so what gitu lohh.

Dibandingin film FBwL, menurutku cerita perselingkuhan di AKAA lebih ga bermoral. At least sosok Vega ga ada niatan untuk berselingkuh dan ia memutuskan mengakhiri apa yg belum dimulai sebelum semuanya berjalan terlalu jauh. Sosok Stella, on the other hand, amat sangat plin-plan. Ga mau ga mau, akhirnya mau juga. Secara sadar ia menduakan Damian (Rama Michael). Secara sadar ia tahu apa risikonya. Secara sadar ia takut ketahuan, tapi menjalani hubungan gelapnya dengan Elang (Andhika Pratama) dengan bahagia.

Ok. Masuk ke jalan cerita aja deh biar lebih jelas. Film dimulai dengan adegan kebut-kebutan ga jelas. Kita kemudian diberitahu kalau Stella (BCL) balikan lagi sama Damian (Rama Michael) walau telah berkali-kali dibohongi. Stella sih ga mau dibilang matre berhubung Damian itu “putra mahkota keluarga Guntara” walau ga jelas juga alasan ia kembali menerima Damian—Damian memberikan Stella banyak hal, termasuk apartemen.

Stella yg senang mabuk, pesta, berpakaian super minim dan terbuka, serta menari erotis di tepi pantai kemudian berkenalan dengan sosok Elang (Andhika Pratama), gitaris handal yg pesimis sama yg namanya cinta. Perkenalan yg tak dimulai dengan manis (like always!) yang berakhir ‘manis’: Elang rela dijadikan orang kedua oleh Stella asalkan ia bisa terus bersama Stella. Cowo lemah plus lenje menurutku.

Damian yg mengetahui kedekatan Stella-Elang naik pitam dan mempermalukan Elang di depan umum. Tak terima, Elang memutuskan hengkang dan meminta Stella memilih dia atau Damian. Tentu saja, Stella tak berani memutuskan. Setelah Elang menghilang dari hidupnya, Stella baru menyadari bahwa apa yg dipilihnya selama ini mungkin bukanlah yg terbaik untuknya.

Mungkin beranjak dari adegan inilah muncul tagline film ini: “Adakah yg terlambat dalam cinta?” serta pesan moral film ini: bahwa orang ketiga tak selalu buruk. Ya emang sih, wong Elang digambarkan jauh lebih tulus kepada Stella dan lebih menyayangi dan setia sama Stella gitu kok. Gimana bisa dia ga lebih bagus dari Damian yg super sombong, angkuh, otoriter, serta tukang selingkuh?

Tapiiii…toh Stella masih pengen bareng Damian, Stella mengaku cinta sama Damian, dan Stella baru ‘sadar’ pria macam apa Damian dan bahwa ia telah salah melepaskan Elang HANYA karena dan setelah ia melihat Damian (kembali) berselingkuh. Ia memergoki Damian dan salah satu teman baiknya (sejak kapan tuh cewek jadi temen baiknya Stella?) berada dalam satu kamar dan dalam keadaan setengah telanjang.

Kalau ia ga ngeliat hal itu, mungkin ga sih Stella masih tetep sama Damian yg kaya raya???

_
Rating: 1.5/5
Director: Rizal Mantovani
Production: Maxima Pictures, 2008
Cast: Bunga Cinta Lestari, Andhika Pratama, Rama Michael
Genre: Drama

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s