Posted in Movie, Review

[Film] Otomatis Romantis

otomtisrmntis

Hubungan dengan atasan: sah atau tidak?

Dua kali nonton film Indo dalam dua hari, keduanya punya kemiripan: peran utama ceweknya sama-sama dikhawatirkan menjadi ‘perawan tua’ yg bakal dilangkahin adik perempuannya married kalau ga bergerak cepat, adanya pemain bernama Dwi Sasono yg menjadi sosok yg menyebalkan, dan keduanya mengusung tema komedi romantis.

Bedanya, film ini bukan bertema seks, jadi lawakannya bukan lawakan slapstik, dan film ini lebih berkualitas dengan akting yg lebih mumpuni, cerita yg lebih berbobot dan lebih menghibur.

Kalau ke-lumayan-oke-an akting pemain D.O. ternodai karena peran cewe blaster itu, semua akting pemain Otomatis Romantis jelas di atas rata-rata. Tora, untuk kesekian kalinya tampil dengan akting yg ga nyeleneh. Tampil oke sebagai wong ndeso asal Jogja (walau terkadang masih terlihat Tora-nya), di film ini Tora berhasil membuat aku lupa kalo aku cukup kesal sama sosoknya yg selama ini ga pernah serius, baik saat di Extravaganza maupun saat wawancara. Marsha Timothy, kembali dipasangkan dengan Tora setelah Ekspedisi Madewa, juga oke.

Serta jangan lewatkan peran cameo-nya Lukman Sardi—sebagai cameo pun tetap berhasil mencuri perhatian! Kayaknya dia main peran apa pun oke deh. Mau jadi pembunuh bayaran? Oke. Mau jadi tukang bajaj? Oke. Mau jadi lelaki yg berpoligami? Oke. Mau jadi lelaki mafia? Oke juga. Peran utama, pembantu, sampai cameo dibabatnya habis!! Two thumbs up deh buat Lukman Sardi!

Sayangnya, akting Tukul kurang mengigit, entah karena tuntutan perannya seperti itu atau memang ia masih membawa sosok Tukul-nya ke peran Dave. Sayang banget, pas adegan klimaks hubungannya dengan Wulan di restaurant, aktingnya mengganggu banget, padahal akting Wulannya udah oke banget. Tapi, untuk ukuran Tukul sih, aktingnya itu boleh lah dapet two thumbs up juga,,hehe.

Nadia (Marsha Timothy) yg memasuki usia 29 dikejar menikah oleh kedua orang tuanya. Kakak perempuannya sudah beberapa tahun menikah, dan adik perempuannya telah pacaran selama 2 tahun. Kejaran membuatnya uring-uringan yg terbawa sampai ke kerjaan kantor: “susah punya boss jomblo, kerjaan ngomel melulu!” Karena beberapa kali kebetulan, Nadia pun berhubungan dengan Bambang (Tora Sudiro), pegawai rendahan bagian administrasi. Ternyata, bukan cuma Nadia yg terbelit urusan memenuhi “kewajiban untuk keluarga” yg terkadang harus mengorbankan kewajiban untuk diri sendiri.

Kesamaan ‘nasib’ itu membuat Nadia merasa klop dengan Bambang. Tapi kan Bambang itu bawahan dan dia boss-nya?? Lagipula, Bambang tak juga menampakkan sinyal-sinyal menyukainya. Masa harus dia sih yg menyatakan cinta?? Dan…ternyata menyatakan cinta tak semudah seperti yg tertulis di majalah terbitannya sendiri! Nah, loh! Masalah makin mengeruh karena pada saat yg sama Bambang malah memutuskan untuk menikahi Ratna, perempuan yg dihamili Trisno (Dwi Sasono) tapi ia tak mau bertanggungjawab.

Ternyata lagi, Nadia masih melajang karena ada alasan di baliknya. Dia merasa anggota perempuan di keluarganya dikutuk. Dia merasa mereka memiliki paras yg bisa dikategorikan ‘cantik’, yg sialnya mendapat pasangan yg parasnya pas-pasan, alias ‘kurang’. Contohnya ya si paras lele dumbo dan si paras beruk. Hahahaha. Tapi, dibandingin contoh di atas, Tora jelas menang kelas lah yaw!

Entah karena Tora dan Tukul sudah terbiasa melawak atau karena akting mereka yg professional, kalimat-kalimat mereka, yg walaupun diucapkan dengan tampang serius, bisa mengundang tawa—minimal membuat kita menyunggingkan senyum geli, deh!

Sekali lagi—untuk penekanan sembari mengingatkan—film ini amat menghibur. Endingnya mungkin kurang greget, tapi menurutku ending film ini one of the best. Endingnya kembali berhasil membuatku tersenyum (tau donk artinya??) dan disyut dengan oke banget. Marsha Timothy berjalan dengan amat anggun bersunggingkan senyum terkembang yg amat natural (yg sepadan dengan wajahnya yg cantik dan aktingnya yg gemilang sebagai Nadia).

Satu lagi nih film Indo yg dapet bintang 4.

_
Rating: 4/5
Director: Guntur Soeharjanto
Cast: Marsha Timothy, Tora Sudiro, Wulan Guritno, Tukul, Dwi Sasono
Genre: Komedi romantis

~images imported from various sources and are property of their respective owners~

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s