Posted in Movie, Review

[Film] D.O. (Drop Out)

Tujuh tahun kuliah, belum lulus-lulus juga…

…Jemi (Ben Joshua) pun berada di semester terakhir kuliah psikologinya. Cuma ada dua pilihan baginya: lulus, atau D.O. Tapi toh sepertinya Jemi santai-santai aja menghadapi hari ‘pengadilan’-nya itu. Cuek, dan masa bodoh. Baginya, lulus bukan prioritas utama. Bertambah satu orang bodoh lagi toh tak ada bedanya. Lagipula, dia merasa ia tak memerlukan ijazah untuk mencari pekerjaan.

Prinsip hidupnya yg nge-flow pun berubah ketika si Ketek meninggal karena overdosis obat kuat dan Dwi Sasono masuk penjara karena mengoleksi blue-film. Namun, niatnya untuk lulus pun masih punya banyak rintangan. Dosen pembimbingnya, Dr. M (Dr. Boyke), tak bakal meluluskannya kalau Jemi tak membuatnya berhasil menikahi Ibu Lea (Titi Kamal), dosen baru yg berusia 26 tahun, aka senior Jemi beda 2 angkatan. Di lain pihak, Ibu Lea berjanji memberikan Jemi les tambahan sampai dia pintar dan bisa lulus dengan syarat Jemi mengajarinya TEORI tentang ‘itu’.

Alasan Jemi ga lulus-lulus bukannya karena dia bodoh, tapi karena dia ‘marah’ karena orang tuanya memaksanya masuk jurusan yg tak diinginkannya, sedang Lea sudah di’dulu’in adiknya punya pacar—bahkan si adik sudah hamil supaya dinikahi. Ga jelas, supaya diizinkan melangkahi kakaknya, atau supaya sang pacar mau menikahinya. Ga jelas juga, kenapa sikap orang tua yg tidak mengizinkan Lea dilangkahi membuat Lea malah ingin tau teori tentang ‘itu’, bukannya trik kilat dapat suami atau minta dicarikan calon suami.

Walaupun tema film ini rada menjurus, akting para pemainnya lumayan oke. Titi Kamal standar; Ben Joshua dapet peran lain dari yg lain—pas juga dia jadi playboy gadungan; Dimas Aditya kebagian peran yg sepanjang film di panggil dengan nama ‘Banci’—entah kenapa, penampilannya ga semantep di Kawin Kontrak; Dr. Boyke cocok banget jadi dosen mesum yg bikin keki sepanjang film gara-gara ulah tua-tua keladinya; Dwi Sasono, Sarah Sechan, dan Donna Harun juga lumayan oke.

Cuma satu aja yg ga oke. Itu tuh, si tiruannya Cinta Laura dengan aksen bule abis, dengan dialog yg nyindir CinLau dan Nadine dengan kalimat ‘pinter tapi b***’nya: “mau sekolah ke Australia ambil jurusan sastra Indonesia. Saya kan di sini karena Indonesia is a beautiful city, you know.” Kira-kira gitu deh kalimatnya! GUBRAK deh!!

Walaupun adegan-adegan awalnya sama ga banget-nya dengan Kawin Kontrak dan inti ceritanya sulit teraba, film D.O. (secara mengejutkan) bisa dinikmati tanpa harus berpikir panjang. Bahkan, klimaksnya tuh lumayan nonjok. Titi Kamal nyaris poll marahnya, dan Ben Joshua kelihatan banget frustrasi plus keki gara-gara dituduh yg engga-engga.

Cuma satu pertanyaanku: (Niken) TILUH tuh artinya apa sih? Abis di sepanjang film nama itu diketawain mulu.

Pelajaran yg bisa dipetik dari film ini: Lelaki yg banyak bacot itu TEORINYA hanyalah tong kosong yg nyaring bunyinya…

_
Rating: 3/5
Director: Winaldha E. Melalatoa
Cast: Ben Joshua, Titi Kamal, Dr. Boyke
Genre: Komedi Dewasa

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s