Posted in Movie, Review

[Film] Kawin Kontrak

Awalnya pengen tau apa sih yg bisa didapat dari film yg katanya menampilkan adegan ranjang itu? Well, not much.

Awalnya lumayan bikin meringis ngeliat cowo-cowo yg baru lulus SMA udah ngebet pengen gituan. Dari si Rama (Dimas Aditya) yg bertampang playboy abies dan super pemilih sampai ke Dika (Herichan) yg seneng banget dipukulin sampai ke Jody (Ricky Harun) yg suka sama wanita yg jauh lebih tua. Dialog-dialognya engga banget (jorok banget) dengan adegan-adegan yg menjurus serta lawakan slapstik. Udah pengen berhenti kalo ternyata sepanjang film adegannya begitu-begitu aja,,ternyata ceritanya mulai berubah ke arah serius nan romantis.

Rama yg awalnya berinisiatif melakukan kawin kontrak pun akhirnya berubah haluan semenjak jatuh hati kepada Isa (Dinda Kanyadewi), perawan desa Sukasarean yg akan segera disunting juragan dari Arab untuk dijadikan istri kesekiannya. Cerita lebih banyak berputar di sekitar Rama dan Isa walaupun tidak melupakan ke’janggal’an hubungan Dika dan Jody dengan pasangan kawin kontrak mereka.

Film ini seharusnya memberikan gambaran betapa kawin kontrak itu tidak benar,,tapi sepertinya film ini ga gitu berhasil menyampaikan itu. [Ending spoilers ahead] Dika dan Jody memutuskan untuk tidak meneruskan kontrak mereka bukan karena mereka merasa bahwa kawin kontrak itu salah atau alasan sejenis, tapi lebih karena ketidakmujuran mereka. Jody kapok mengurusi anak Teh Euis sepanjang hari walaupun di salah satu adegan digambarkan mereka tidur bersama dengan damai. Lebih-lebih, at least Jody udah berhasil menjalankan niatnya untuk ‘menghindari zinah’. Dika, di lain pihak, lebih sial dari Jody karena Rani (Masayu Anastasia) ternyata penyuka sesama jenis dan hanya mengikuti kontrak untuk membuatnya seperti wanita yg lain. Nasib paling apes dialami Rama yg harus berusaha keras membuat Isa membatalkan niatnya untuk menikah dengan si Bos Arab dan memilihnya. Namun, pada akhirnya, Rama lah yg paling beruntung. Dia menemukan cinta sejatinya.

Akting Dimas Aditya dan Dinda Kanyadewi cukup membuat aku tersentuh akan ketidakberdayaan mereka melawan ’takdir’. Di penghujung film terselip adegan kocak walaupun kurang masuk akal. Seperti para polisi yg amat berwibawa—aktingnya meyakinkan banget—tapi jadi konyol waktu mereka berkutat mencari pistol mereka di antara pistol mainan lainnya, dan waktu Dika dan Jody mencoba menghalangi si Bos Arab tapi malah menerjang angin. Dan jangan lupakan Lukman Sardi dengan akting gemilangnya sebagai Kang Sono.

Secara keseluruhan, film ini cukup menarik dan pantas mendapat bintang 3.5. Sayangnya, aku cukup terganggu dengan lawakan dan adegan menjurus yg banyak bertaburan di sepanjang film, serta beberapa adegan yg tidak masuk akal lainnya…so…rasanya aku cukup royal untuk memberikan Kawin Kontrak 3 bintang.

_
Rating: 3/5
Director: Ody C. Harahap
Production: MVP Pictures, 2008
Cast: Dimas Aditya, Ricky Harun, Herichan, Dinda Kanyadewi, Lukman Sardi
Genre: Drama, komedi dewasa

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s